Leisure

Lukisan Siluet Pakai Teknik Pisau Ini Buat Kita Terkagum-Kagum

Please enter banners and links.

 

Rison tengah membuat siluet dari wajah seorang pelangga. (foto : tengku m yusuf/hariankampar.com)

Oleh : tengku m yusuf

HARIANKAMPAR.COM, BATU SANGKAR – cukup dua menit, rison idham, perupa riau mampu melukis wajah secara siluet dengan indah. ketrampilan Rison yang didapat melalui proses secara terus menerus ini membuat masyarakat terkagum-keguam dengan hasil karyanya. Rison mengaku kunci dari keberhasilan karyanya tidak terlepas dari adanya ikatan batin antara dirinya dengan obyek yang akan dilukis.

Teknis melukis wajah secara siluet kini tengah digandrungi masyarakat. Banyak masyarakat kerap ingin melukis dirinya dengan teknik siluet. Selain memilki cita rasa seni yang tinggi hasilnya juga lebih indah dari karya fotografi.

Satu di antara perupa Riau yang mampu melakukan teknik siluet adalah Rison Idham. Perupa Riau yang sudah tunak berkarya di bidang seni lukis selama puluhan tahun ini menggelar paint art di Istana Pagaruyung belum ini.

Karya siluetnya yang menggunakan pisau ini hanya satu-satunya di Indonesia. Pasalnya seniman pelukis dari Bali dan Yogya lebih banyak menggunakan siluet mengunakan gunting daripada pisau.

Rison mengaku untuk melukis secara siluet ini hanya membutuhkan waktu selama dua menit. Selama itulah tanpa sketsa ia akan berkonsentrasi penuh melukis wajah dari obyek yang akan dilukisanya lalu kemuadian dituangkan dalam kertas karbon.

“Saya bisa kerjakan lukisan siluet dalam dua menit karena adanya ikatan batin antara saya dan obyek yang akan dilukis. Biasanya akan terlihat dari suasana hati obyek itu sendiri. Makanya sebelum melukis saya bertanya dulu bagaimana keinginannya dan melihat apakah mood-nya bagus atau tidak,” katanya.

Sedangkan untuk setiap hasil karya siluet wajah ini, Rison mengaku tidak terlalu mematok harga. Ia hanya menetapkan uang lima puluh ribu rupiah untuk setiap kali siluet wajah berhasil dibuat. Karena karyanya dinilai bagus inilah, Rison kerap diundang tampil di salah satu stasiun swasta nasional di Jakarta untuk membuat siluet wajah para artis dalam sebuah program talk show.

Menurut Rison, karya-karya perupa Riau sebenarnya banyak namun kurang mendapat apresiasi yang besar dari pemerintah.

“Saya berharap ke depan pemeirntah bisa memfasilitasi Seniman Riau dan mendukung sarana prasara bagi para seniman sehingga mampu menuangkan hasil karya terbaiknya sekaligus bisa hidup dan mampu membangun ekonomi dari karya seni dan menetap lama pada profesi seniman itu,” jelasnya.****

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close