Pekanbaru

BPBD Riau siapkan logistik untuk korban banjir

Please enter banners and links.

 

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur

HARIANKAMPAR.COM,  Pekanbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Riau menyiapkan logistik untuk disalurkan bagi masyarakat yang memerlukan karena terdampak banjir.

“Logistik sudah kita siapkan untuk satu atau dua hari ini. Jadi kalau ada daerah yang membutuhkan logistik kita siap mendistribusikan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur di Pekanbaru, Selasa.

Saat ini sejumlah daerah seperti Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar mengalami banjir akibat meningkatnya curah hujan yang diperparah oleh buruknya saluran drainase karena tumpukan sampah.

Jim mengatakan pihaknya meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk mewaspadai perubahan musim karena saat ini Riau diprakirakan memasuki musim penghujan, setelah pada awal tahun kemarau.

“Saat ini Riau mulai masuk musim penghujan. Artinya masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan, April nanti baru masuk musim hujan. Setelah itu, pada Mei, Juni itu mulai masuk kemarau lagi. Makanya sejumlah wilayah yang langganan banjir harus diantisipasi sejak awal, baik itu peralatan, logistik dan personel sudah kita siapkan semua,” katanya.

Mengenai mekanisme penyaluran bantuan logistik, lanjutnya, BPBD Riau dalam posisi menunggu permintaan dari BPBD kabupaten dan kota yang mengalami banjir dan ada masyarakat yang terdampak. Misalkan dari banjir tersebut membuat warga setempat mengungsi dan aktivitas masyarakat menjadi lumpuh.

“Kami harap pemerintah kabupaten kota, jika memang di daerahnya membutuhkan logistik sementara untuk warganya yang terdampak banjir untuk bisa mengusulkanya ke BPBD Riau,” katanya.

Menurut dia, sejauh ini bantuan yang diusulkan ke BPBD Riau masih berupa perahu karet untuk membantu evakuasi warga. Bantuan tersebut sudah mulai dilakukan sejak Senin (29/3) di lokasi banjir Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru.

Petugas BPBD bergerak cepat turun ke lokasi banjir melakukan evakuasi warga dengan perahu karet.

“Setidaknya ada sekitar enam titik banjir saat itu. Kita bekerja sama dengan BPBD Kota Pekanbaru menyiapkan beberapa unit perahu evakuasi dan mendirikan tenda darurat,” katanya.

sumber   :   antara

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close